Friday, January 27, 2017

Kenapa Millenials harus punya LinkedIn? (Fun Fact Inside)




Halo Bows~
Ketemu lagi nih sama aku Mauza Perdana di Hidupin Hidupmu
Coz YOLO~

Yak Hidupin Hidupmu kali ini bakal bahas tentang si Linked in .
Banyak mungkin yang masih bingung dan nanya "Apa sih fungsinya Linked in ini?"
Seperti data yang di rangkum oleh Marketing Profs disini.

Linked in digunakan oleh para Perusahaan ataupun Individu untuk mencari Proffesional dibidangnya, Berkenalan dengan kolega lama, Branding, dan Dapetin peluang kerja,dst.

"Lah terus hubungannya sama aku apa Za?" Gitulah kam gumam dihati mungkin.
Linked.in bisa juga menjadi media untuk mengenal orang orang yang sesuai dengan bidang yang ingin kam geluti sebagai profesi nantinya.

Ya.. Terlepas dari nanti kam mau jadi Akademisi maupun Praktisi setelah menyelesaikan sebagian Pendidikan Formal. Pasti akan butuh relasi profesional maupun digunakan sebagai Portofolio Digital.

Lebih jelasnya aku tulisin jadi pointers aja ya, Kenapa kam harus punya Linked.in, Ini dia:

1.Memudahkan kam untuk kenal dengan orang yang duluan sukses di bidang yang kam suka.



Dengan adanya Linked.in kam bisa ketemu dengan orang orang yang sudah menjabat posisi yang mumpuni dan dapat peluang untuk mengenal lebih dalam seluk beluk dunia yang kam minati dengan relasi baru kam tersebut. Tapi tentunya cara komunikasinya lebih formal lah, Agak dibedakan sama Facebook ya gaes~

2. Dapat artikel bermanfaat tentang Dunia Kerja 


Dengan Linked.in, Kam juga akan dapat nasihat nasihat tentang dunia kerja yang bisa bermanfaat untuk mempersiapkan diri kam, Salah satunya seperti artikel dari co-CEO William Morris Endeavor (Agensi Bakat Dunia) Ari Emanuel tentang 6 Pelajaran yang beliau jalankan dalam hidup disini.

3.Kenalan sama Perusahaan yang Kam Incar

Dengan adanya halaman Linked.in Perusahaan, Terutama Perusahaan Besar dan Multi-Nasional. Kam jadi punya amunisi nih buat nanti ngehadapin wawancara karena udah kenal sebelumnya dengan Visi Misi dan Nilai yang dibawa oleh perusahaan. Satu lagi kita bisa aja dapat laporan Lowongan pekerjaan dari Halaman Linked.in Perusahaan tersebut, Ajib kan?

4. Dilirik sama Perusahaan atau bahkan Dilamar!

Hal ini mungkin jarang diketahui, Tapi seiring perkembangan zaman, Perusahaan yang mulai mendigitalisasi budaya mereka akan mulai melirik pekerja melalui Sosial Media, Karena didalam Linked.in juga ada fitur seperti:
Profil: Dimana kam mencantumkan gambaran singkat tentang dirimu.
Pengalaman: Mungkin di dunia kerja maupun karya.
Endorsement: Misalnya kam punya bakat di Editing, Nah relasi kam bisa mengendorse skill yang kam punya dan tentu meningkatkan nilai mu dimata Job Hunters.
Class and Organizational Exp: Ini salah satu hal yang lagi ngetrend di dunia kerja, Dimana pekerja diharapkan punya pengalaman di Kursus sesuai bidang maupun pengalaman Organisasi yang membuktikan dia mampu bekerja secara team. Plus sekarang hanya dengan harga yang terjangkau kam bisa mengikuti kelas kelas online yang di ajar oleh para pakar di bidangnya.

 dan secara Facebook mengandung terlalu banyak konten 4l4y, Maka Linked.in dilirik sebagai media yang tepat. Maka dari itu kalo di Facebook nya banyak "sampah", Coba di delete + Linked.in nya diisi dengan pencapaian pencapain kam. Sep?

BTW kalo ada yang tertarik ber-relasi samaku boleh connect with me. Tapi tolong buat alasan yang tepat, Karena aku ga akan asal connect di Linked.in




Dan dibawah ini aku ceritain beberapa kasus dengan Linked.in yang mungkin terjadi
Contoh:
Case 1:

Kam seorang Pesulap nih kaya aku (Case ini untuk Independent Worker), Dan let's say itu kan sebenarnya bukan profesi yang awam di Indonesia. Tapi ketika peluang kerja datang, Baik dari Klien yang bertemu langsung maupun dengan klien yang mencari kam melalui mesin pencari, Nilai mu akan jauh lebih mahal karena dengan Linked in Portofolio mu akan mudah kam buat dan tersusun rapih disitu.

Case 2:
Kam seseorang yang sedang melamar pekerjaan di perusahaan, Dan kam mencantumkan akun Linked.in dengan rapih di CV untuk Contact/Social Media. Maka Perusahaan yang baik akan langsung mengenali Linked.in sebagai tempat untuk proffesional, Dan akan jadi nilai tambah buatmu, Meskipun kembali lagi harus dibuktikan dengan Portofolio yang baik.

Oke, Sekian cerita kita hari ini, Semoga setelah membaca ini kam semakin ketemu cara Hidupin Hidupmu.

Find out many content from me in PedasTV


1 comments


EmoticonEmoticon