Kamu Millenials? Ayo Peduli Stunting!



Halo Bows !
Ketemu lagi sama aku Mauza di Hidupin Hidupmu
Live your life Coz You'll Only Live Once.

Kali ini aku mau cerita cerita tentang Stunting..
Hayo... Belum pernah dengar ya? Bukan yang melakukan aksi berbahaya di film film itu ya itu Stunt doang atau Stuntman yang ngelakuin :D. "Terus apa itu Stunting?" Tanya mu pasti bows. Gini gambarannya.



Well.. Stunting adalah sebuah kondisi dimana balita itu tinggi nya lebih pendek dari standar tinggi badan seumurnya. "Terus kenapa kalo pendek?" Pasti itu kan yang mau kam bilang bows?

Disini letak masalahnya hampir 1/3 balita di Indonesia mengalami Stunting, dan Stunting bisa menyebabkan beberapa hal seperti sebuah data yang diberikan oleh Seanuts (2011) Stunting bisa menyebabkan
1.Dimana anak anak yang terkena stunting cederung memiliki tingkat intelegensi lebih rendah karena terhambatnya perkembangan otak
2. Karena Intelegensi yang rendah menyebabkan anak sulit berprestasi
3. Rentan terhadap penyakit
4. Mudah menderita Obesitas yang meningkatkan resiko penyakit jantung dan penyakit menular lainnya.
5. Dan yang lebih nyata pada usia produktif anak stanting memiliki penghasilan lebih rendah 20% daripada anak yang tumbuh optimal (McGregor,2007)

Terus gimana cara mencegahnya?
Seperti yang disampaikan bapak Galopong Sianturi S.KM, M.PH di acara Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Dalam Penurunan Prevalensi Stunting.


Ada 4 penyebab utama stunting yaitu
1. Konsumsi Makanan yang kurang bergizi pada Anak di Usia Golden Age
2. Lingkungan yang tidak sehat ( Asap Rokok, Jamban Tidak Layak, dll.)
3. Perilaku Menjaga Sanitasi seperti Mencuci Tangan,dll.
4. Kurangnya Gizi pada Ibu Hamil .

Terus gimana cara mencegah Stunting ini?
1. Kalo untuk pemerintah pastinya mereka mengadakan edukasi serta pemberian fasilitas kepada masyarakat untuk memenuhi kebutuhan gizi.
2. Untuk tenaga kesehatan dapat memberikan edukasi seperti Konseling Pemberian Makan Bayi dan Anak, Pelatihan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.
3. Nah kalau untuk kamu yang perempuan perempuan nih, Boleh mulai mempelajari dari sekarang tentang konsumsi diet yang tepat ketika di usia kehamilan.
4. Nah kalo buat kamu Bows bows ku ada satu hal yang bisa dilakukan kok, meskipun kamu bukan yang diatas, yaitu dengan membagikan artikel ini dan membangun kesadaran terhadap stunting di masyarakat sekitar mu.

Nah di event ini juga dibahas sebuah Gerakan yang di inisiasi oleh Kementerian Kesehatan


Seperti yang ditulis di situs http://www.diskes.baliprov.go.id , Secara umum Germas bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauandan kemampuan masyarakat untuk berperilaku sehat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup. Sedangkan tujuan khususnya adalah meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan produktivitas masyarakat dan mengurangi beban biaya kesehatan.


Kegiatan utama yang dilakukan dalam rangka Germas adalah :
1
Peningkatan aktivitas fisik
2
Peningkatan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat
3
Penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi
4
Peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit
5
Peningkatan kualitas lingkungan
6
Peningkatan edukasi hidup sehat

Diharapkan dengan adanya GERMAS ini masyarakat dapat meningkatkan taraf kesehatan tiap individu.

Nah kalo kamu mau tahu lebih lanjut mengenai Stunting ini bisa belajar dari  www.gizitinggi.org

Jadi gimana bows? Udah jumpa lah hal baru lah di postingan ini ya kan?
Sheaap! Kalo gitu semoga postingan kali ini sudah membantu kamu lebih menghidupi hidupmu. Temukan keseruan lainnya di Hidupin Hidupmu. See you on another post :)

*Konten ini merupakan hasil konten mitra bareng KemenKomInfo di event FlashBlogging Tanggal 29 September 2017 

3 comments

untung aku nggak stunting , tinggi badan berlebihan lagian :D

kalau botak termasuk ciri-ciri stanting gak?

Anda seorang master SEO? atau yang sedang belajar SEO dan ingin menjajal kemampuan SEO anda?

Ayo ikuti kontes SEO di itu99 dengan total HADIAH Rp.30.000.000


Pendaftaran dimulai pada tanggal 22 Januari 2018
Pendaftaran berakhir pada tanggal 22 April 2018
Pemenang akan diumumkan pada tanggal 7 Mei 2018
Hadiah akan dibagikan pada 8 Mei 2018

Untuk info lebih lanjut, klik link ini : www.itu99(dot)org/kontes/


EmoticonEmoticon